Berita
Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud dan Mahasiswa Asing UMP Dibekali Materi Kemuhammadiyahan
Selasa 8 Januari 2019      Berita
Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud dan Mahasiswa Asing UMP Dibekali Materi Kemuhammadiyahan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) memberikan pembekalan materi Kemuhammadiyahan kepada para mahasiswa asing dari Thailand, penerima beasiswa kader UMP yang berasal dari Turki dan penerima beasiswa unggulan.

 “Jadi dalam acara pagi hari ini yaitu pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan dan juga evaluasi akademik dan non akademik bagi mahasiswa Asing asal Thailand penerima beasiswa unggulan, dan juga penerima beasiswa kader UMP yang berasal dari Turki,” ungkap Novan Andrianto S Pd, di Ruang Sidang Gedung Rektorat lt 2 UMP.

Dalam acara melibatkan elemen dari LPPI sebagai pemateri untuk pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan, dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama Dr Jebul Suroso.

“Kegiatan ini digelar agar mahasiswa asing UMP terutama dari Thailand dan juga dari Turki akan mendapatkan wawasan terkait kemuhammadiyahan. Apa itu Muhammadiyah? Kemudian kontribusi apa yang dapat mereka berikan kepada Muhammadiyah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua LPPI UMP Dr Darojat Mag dalam penyampaian materinya mengatakan, kelahiran Muhammadiyah untuk membersihkan Islam di Indonesia dari pengaruh dan kebiasaan yang bukan Islam, reformulasi doktrin Islam dengan pandangan alam pikiran modern, reformulasi ajaran dan pendidikan Islam, serta mempertahankan Islam dari pengaruh dan serangan luar.

“Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar, beraqidah Islam dan bersumber pada Al-Quran dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, untuk melaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dr Darojat mengatkan, Muhammadiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah Agama Allah yang diwahyukan kepada para Rasul-Nya sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan seterusnya sampai kepada Nabi penutup Muhammad S.A.W., sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa, dan menjamin kesejahteraan hidup materiil dan spirituil, duniawi dan ukhrawi.

“Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan Al-Quran atau Kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi  Muhammad S.A.W dan Sunnah Rasul yang didalamnya berisi penjelasan dan pelaksanaan ajaran-ajaran Al-Quran yang diberikan oleh Nabi Muhammad S.A.W. dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam,” ungkapnya.

Dijelaskan, Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang-bidang ‘Aqidah, Akhlaq, ‘Ibadah, Mu’amalah dunyawiyat.

Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan, kemerdekaan bangsa dan negara republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu negara yang adil dan makmur dan diridlai Allah SWT, Baldantun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur,” pungkasnya. (bud/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini