Berita
Tingkatkan Kompetensi Menulis Jurnal: LPIP UMP Gandeng Reviewer Scopus
Rabu 10 Oktober 2018      Berita
Tingkatkan Kompetensi Menulis Jurnal: LPIP UMP Gandeng Reviewer Scopus

Jurnal merupakan salah satu produk dari pilar Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Melalui hal itu, Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) UMP mengadakan acara Workshop dan Lokakarya dengan tema “Aclererating Lecture’s Research and Publications Capability for Development”. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama LPIP UMP dengan HSBC Mengabdi yang diselenggarakan di Aula Kedokteran Lantai 4 pada Selasa (9/10).

Sebagai pembicara adalah  Wahyoe Soedarmono, Ph.D., selaku Project Manager HSBC yang diikuti oleh dosen dari Perguruan Tinggi di Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Wayoe dalam kesempatan tersebut membahas tentang teknis penulisan dan pola publish di scopus yang dapat menjadi pertimbangan reviewer dalam memeriksa kelayakan sebuah jurnal. Menurutnya, hal pokok yang harus ada di dalam sebuah jurnal adalah introduction, literature review and research focus, data, variables and methodology, empirical result, robustness checks, dancoclusion.

 “Selaku reviewer pasti punya banyak celah untuk mengkritisi sebuah jurnal, maka poin penting sebuah jurnal yang saya sampaikan harus ada pada jurnal yang Anda tulis,” pungkasnya.

Sementara Ketua LPIP UMP Dr. Sriyanto, M.Pd.,  menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat memperhatikan pembahasan dari serangkaian materi yang disampaikan. Sehingga harapannya dapat di aplikasikan.

“Harapan kami, para tamu bisa mengikuti acara ini dan apa yang telah disampaikan narasumber. Nantinya hadirin sudah siap mencetak jurnal internasional yang siap di publikasikan, ” pungkas Sriyanto. (Mut/ Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini