Berita
UMP Gaungkan Aktivitas Internasional di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto
Kamis 13 September 2018      Berita
UMP Gaungkan Aktivitas Internasional di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto

Sejalan dengan tagline “Start here go any where”, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi tempat untuk terlaksananya kegiatan Asean Teacher (Sea Teacher) oleh empat mahasiswa Tarlac Agricultural University, Philipines.  Melalui program studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP keempat mahasiswa tersebut di tempatkan di SMP Muhamamdiyah 1 Purwokerto.

Kegaiatan SeaTeacher telah dilaksanakan selama 11 Agustus-9 Sepetember 2018. Mereka yang terdiri dari Yael Punzalan Lucasan, Yovylyn Ocon, Rosemarie Unay, dan Jhun-jhun Q, selama kurun waktu tersebut kegiatan yang dilaksanakan yakni observasi, pratik mengajar, dan evaluasi sistem pembelajaran di SMP tersebut.

Di paparkan oleh Arum Adita, M.Pd., Dosen Prodi Pendidikan Biologi menyampaikan bahwa keempat mahasiswa asing itu ditugaskan untuk mengajar Pendidikan IPA kelas VII sebanyak dua orang dan dua orang lainnya mengajar di kelas VIII. Selain di bimbing oleh Arum, peserta SeaTeacher juga di bimbing oleh tigaguru dari SMP N 1 Muhammadiyah Purwokerto.

Lebih lanjut Arum menyampaikan bahwa mahasiswa telah dibekali pengenalan materi, safari ke laboratorium, dan kegiatan diskusi bersama mahasiswa Pendidikan Biologi UMP.

“Setelah pembekalan materi di UMP, mahasiswa Filipina juga diberikan pengenalan pengenalan kurikulum yang ada di SMP N 1 Muhammadiyah Purwokerto,” ungkapnya.

Setelah melakukan observasi, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Sehingga setelah melakukan kegiatan SeaTeacher menurut Arum, hal-hal baru dan hal baik yang ditemukan dapat di aplikasikan ketika kembali ke Filipina.

Harapan Arum, dengan datangnya mahasiswa Filipina ke UMP dan SMP Muhamamdiyah 1 Purwokerto dapat menadatangkan atmsofer internasional sehingga dapat mendatangkan inovasi dalam mengajar. Begitupun sebaliknya, mahasiswa Filipina dapat mempraktikan hal-hal baru yang ditemukan selama kegiatan SeaTeacher. (Adl/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait