Berita
Jelang Idul Adha, Dosen Karyawan UMP Kaji Fiqih Qurban
Sabtu 11 Agustus 2018      Berita
Jelang Idul Adha, Dosen Karyawan UMP Kaji Fiqih Qurban

Tidak lama lagi, masyarakat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari Raya Idul Adha. Hari dimana umat Muslim akan melaksanakan ibadah kurban (menyembelih hewan). Banyak warga yang sudah mempersiapkan berbagai keperluan untuk pelaksanaan kurban, yang tujuannya tak lain adalah untuk keridhaan Allah swt.

Untuk memberikan pemahaman tentang ibadah Qurban, Lembaga Pengamalan dan Pengkajian Islam (LPPI) Universitas Muhamamdiyah Purwokerto (UMP) mengadakan Pengajian dan Silaturahmi Dosen dan Karyawan Rutin Bulanan dengan tema “Fiqh Idhul Adha (Ibadah Qurban)” di Masjid KH.A.Dahlan UMP, Sabtu (11/8/2018).

Achmad Husein, S.Ag., Koordinator PPAIK LPPI UMP mengungkapkan Fiqh Idul Adha dipilih karena mengingat sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Dzul Hijjah 1439 H.

“Harapannya seluruh dosen dan karyawan dapat mendalami lebih lanjut terkait fiqh Idul Adha sesuai dengan tuntunan dan fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah,” ungkapnya. 

Sementara Dr. Hamim Ilyas, M.Ag., Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam kajiannya menyampaikan detail fiqh qurban. Salah satunya memberikan penjelasan tentang pendapat lain dari larangan pemotongan kuku dan rambut atau bulu hewan yang akan dijadikan qurban hingga disembelih.

Menurut Hamim berqurban juga dapat meningkatkan ketaqwaan seorang muslim. Bahwa ketaqwaan sebagai upaya menjaga diri dari segala hal yang mendatangkan mudharat atau keadaan yang tidak baik.

“Ibadah qurban sebagai salah satu ibadah untuk meningkatkan ketaqwaan, karena telah meninggalkan hal-hal yang membawa kemudharatan,” pungkasnya. (sls/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini