Berita
Berliterasi melalui Gerakan Santri Menulis
Kamis 7 Juni 2018      Berita
Berliterasi melalui Gerakan Santri Menulis

Kegiatan literasi di Indonesia banyak di gaungkan. Salah satunya dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui kegiatan Gerakan Santri Menulis Jurnalistik Ramadan UMP bersama Koran Suara Merdeka. Kegiatan tersebut diselenggarakkan pada 31 Maret 2018 lalu di Ak. Anshori UMP.

Gerakan Santri menulis diikuti oleh75 peserta yang terdiri dari siswa SMA dan santri Pesantren se Kabupaten Bnayumas. Disampaikan oleh Wakil Rektor 4 bidang Pengembangan Kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan Dr. Jebul Suroso, Ns. S.Kep., M.Kp.,mengatakan bahwa acara ini sangat positif dan dapat mengasah kemampuan peserta serta menggali potensi yang ada untuk menjadi seorang jurnalis. “Sangat berminat dan UMP sangat berkenan karena outcome nya pun positif yaitu dapat  menjadi jurnalis yang baik dengan membuat berita yang anti hoax dan UMP dengan senang hati menjadi tuan rumah kegiatan Gerakan santri menulis ini,” jelas Jebul.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi Teknik Menulis dan Dunia Jurnalistik yang disampaikan oleh Sigit Oediarto selaku Kepala Biro Suara Merdeka Banyumas. Dalam materinya ia memaparkan detail tentang wawancara dan reportase. Menurutnya reportase merupakan adalah kegiatan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk disusun menjadi sebuah berita.

Kemudian Sigit menjelaskan bahwa teknik Wawancara memiliki kekuatan bahwa pewawancara dapat mengajukan pertanyaan sesuai situasi, jika ada pertanyaan yang dianggap kurang tepat ditanyakan pada saat itu dapat ditunda. “Pastinya kita dapat memastikan jawaban berasal dari narasumber langsung walaupun memang wawancara membutuhkan waktu yang lama, Kualitas data yang dihasilkan sangat tergantung pada kesediaan, kemampuan, dan kondisi narasumber,” tutup Sigit.

Tidak hanya teknik menulis yang dipaparkan namun, struktur dan seluk beluk artikel pun dikupas tuntas dalam gerakan santri menulis. Dilanjutkan sesi praktek menulis dan diskusi tanya jawab. (han/sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini